Wanita tertua di dunia meninggal

Friends Berikut ini berita kematian orang tertua di dunia, padahal di Indonesia banyak yang lebih tua dari wanita ini….

Jacksonville, Texas. Wanita tertua di dunia meninggal dunia Senin di rumahnya di Texas, Amerika Serikat, pada usia 115 tahun, kata penjaganya.

Eunice Sanborn baru memegang gelar orang tertua di dunia itu selama kurang dari tiga bulan setelah kematian Eugenie Blanchard, seorang perawat dari West Indies Prancis, pada 4 November 2010.

Anak laki-laki adopsinya, David French — teman Sanborn dalam waktu lama yang pertama ia temui ketika ia berusia lima tahun — dan isterinya Rena memberikan perawatan 24 jam sehingga Sanborn dapat tetap di rumahnya.

Ia meninggal pada pukul 6 waktu setempat (pukul 19 WIB).

“Itu kematian yang sangat damai. Ia tidak merasa gelisah,” tutur French pada AFP.

“Tuhan hanya memanggilnya pulang. Ia telah menggunakannya sebagai seorang saksi yang sangat kuat selama 115 tahun.”

Ketika sebuah organisasi yang melacak dan mengesahkan orang-orang berusia 100 tahun ke atas mendaftar usia Sanborn sebagai 114 tahun, keluarganya menyatakan Biro Sensus AS dengan keliru telah mencatat tahun kelahirannya sebagai 1896 ketimbang 1895.

Sanborn merayakan ulang tahun ke-115-nya pada 20 Juli.

Lahir di Lake Charles, Louisiana, ia pindah ke Texas setelah kematian suami pertamanya, Joseph Orchin.

Meskipun ia tak pernah bekerja di luar rumah, Sanborn tetap sibuk denga kegiatan masyarakat sepanjang hidupnya. Ia adalah anggota aktif Gereja First Babtist di Jacksonville dan menyanyi dalam paduan suara di tempat itu selama beberapa tahun.

Besse Cooper dari negara bagian Georgia AS – lahir pada 26 Agustus 1986 — sekarang adalah wanita tertua di dunia, menurut Kelompok Riset Gerontologi.

Cooper lahir sebagai Besse Brown di daerah Sullivan, Tennessee, anak ketiga dari delapan anak. Ia tamat dari East Tennessee Normal School dan menjadi guru di kampung halamannya Tennessee sebelum pindah ke Georgia.

Ia menikah dengan Luther Cooper pada 1924, menjanda pada 1963. Ia memuji usia panjangnya untuk memikirkan urusannya sendiri dan tidak makan sampingan.

Cooper tinggal di rumah perawatan Walton Regional Medical Center di Monroe, Georgia.

Sampai ulang tahunnya yang ke-14, Cooper memiliki 4 anak, 11 cucu, 15 cicit dan 1 buyut.

Source Antara



Tags: , , ,
This entry was posted on Tuesday, February 1st, 2011 at 6:21 pm and is filed under Kutipan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your comment